My Slogan

About Me

Foto Saya
HAL HAL MENARIK
Lihat profil lengkapku

Translate

Followers

Sabtu, 21 Januari 2012

Tai Chi, Bukan Sekedar Ilmu Bela Diri

Tai Chi, Bukan Sekedar Ilmu Bela Diri

Anda mungkin tidak asing dengan ilmu bela diri yang satu ini, apa itu? Ya, Tai Chi. Tai Chi adalah jenis bela diri yang berasal dari China dan sudah dilakukan sejak dahulu di negeri tirai bambu ini. Tai Chi bukan hanya sekedar ilmu bela diri, tapi dirancang juga untuk melatih pikiran dan tubuh.

Konon menurut sejarah, menjelang berakhirnya dinasti Goan (1277-1368 M) di negeri China hiduplah seorang ahli seni bela diri bernama Thio Sam Hong. Semasa hidupnya ia sangat disegani baik oleh kawan maupun lawan karena kepiawaiannya dalam seni bela diri.

Di usia senjanya, ia mendirikan perguruan kungfu Bu Tong dan menciptakan ilmu Tai Chi yang diformulasikan dari semua jurus bela diri yang dikuasainya. Menurutnya Tai Chi bukan hanya seni bela diri semata, tetapi sekaligus dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Berdasarkan pandangan ilmu kesehatan tradisional China, seseorang dikatakan sehat apabila Qi (energi vital) dan Xue (aliran darah) berada dalam keseimbangan dan mengalir dengan lancar tanpa hambatan di dalam tubuh seseorang. Jurus-jurus Tai Chi diciptakan dengan tujuan menjaga agar Qi dan Xue selalu berada dalam keseimbangan dan bersirkulasi dengan lancar pada aliran meridian, yaitu aliran dimana Qi dan Xue berada.

Oleh karenanya berbeda dengan ilmu bela diri atau olah raga lain yang biasanya menguras energi vital tubuh untuk mengimbangi proses metabolisme yang meningkat selama latihan. Tai Chi justru menghimpun dan memanfaatkan energi vital untuk proses metabolisme. Jadi dengan  melakukan Tai Chi, Anda tidak kehilangan energi vital, yang ditandai dengan rasa lapar dan nafsu makan yang meningkat seperti yang sering dialami setiap kali selesai berolah raga, tetapi justru meningkatkan cadangan energi dalam tubuh.

Selain itu, dengan melakukan Tai Chi secara teratur, Anda dapat  meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan, dan koordinasi pada tubuh. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa Tai Chi dapat membantu untuk meningkatkan fungsi jantung, meringankan stres dan membantu menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi pada tahun 2001 yang dilakukan oleh Oregon Research Institute di Eugene, melaporkan bahwa orang dengan usia lanjut, yang mengambil kelas Tai Chi selama satu jam dua kali seminggu dilaporkan memiliki waktu lebih mudah melakukan kegiatan seperti berjalan, memanjat, membungkuk, mengangkat, makan, dan berpakaian dari rekan-rekan mereka yang tidak berpartisipasi dalam kelas.

Jadi, tunggu apalagi, mulailah mencari kelas Tai Chi yang ada di kota Anda dan ajaklah orang-orang tercinta untuk bergabung bersama, karena Tai Chi bisa dilakukan untuk semua jenis usia. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

Music


Something About Love - David Archuleta
Mp3-Codes.com

Pages - Menu

HAL HAL MENARIK © 2008 Template by:
SkinCorner