1. KELAHIRAN JACKIE CHAN
Jackie chan lahir di Hongkong 7 april 1954 dgn nama asli Chan Kong Sang (arti : lahir di Hong Kong). Lahir dari keluarga miskin dmn ayahnya Fang Dao Long (a.k.a charles Chan) dan ibunya lee-lee chan yg saling bertemu di pengungsian saat perang sipil di Cina. Jackie lahir dgn berat badan sekitar 5,4 Kg (12pounds).

Jackie kecil mempunyai nama panggilan Pao Pao (arti : cannonball) krn saat kecil, dia suka berputar-putar.

Hide photo
 
jackie bersama orang tuanya
 


2. GAGAL SEKOLAH UMUM, MASUK SEKOLAH DRAMA
Jackie pernah gagal di sekolah pada tahun pertama. sehingga orang tuanya menarik dia dari sekolah. pd tahun 1960, dikarenakan ayahnya pindah ke Canberra, Australia utk bekerja di kedutaan Amerika sbg kepala koki, Jackie di kirim ke Sekolah Drama China yg dikelola oleh Master Yu Jim Yuen. (salah satu pelajar lainnya adalah Sammo Hung) Disini, Dia mempelajari banyak hal ttg bela diri, theater dan film, serta bernyanyi.

Hide photo
Master Yu Jim Yuen
=========================
sekolah drama china
Jackie yg tengah
Jackie yg mana??...hehe, tuh di kiri bawah, ga make baju lagi gaya berlutut
Jackie tengah... (Sammo Hung yg mana ayo...)


3. NAMA PANGGILAN BARU
Seperti semua pelajar di sekolah ini, Jackie mempunyai nama baru yg diberikan sekolah, “Yuen Lo” (nama yg diberikan menurut kelahiran para pelajar, Sammo Hung bernama “Yuen Lung”).

Jackie menjadi salah satu murid teladan, dan bersahabat dgn Sammo Hung dan Yuen Biao yg pada akhirnya, mereka skg dikenal dgn "Three Brothers" atau "Three Dragons"

Hide photo
Jackie (kiri), Sammo Hung (kanan)
Yuen Biao
ketiga sahabat ini main film bareng berjudul "wheels on meals"


4. FILM PALING PERTAMA
Film pertama Jackie berjudul “Big and Little Wong Tin Bar (1962), dmn Jackie masih berumur 8 tahun. Film ini juga diperankan oleh Sammo Hung kecil. sayangnya, film ini sudah hilang tanpa ada copian.

Hide photo


5. AWAL MENJADI STUNTMAN
Di umur 17 tahun, disaat sekolah drama China sudah tidak popular lagi, Jackie mencari pekerjaan sampingan. Dia dan pelajar lainnya kesulitan mendapat pekerjaan krn di sekloha ini sama sekali tidak mengajarkan baca tulis. Dgn kata lain, kemampuannya hny ada di bidang seni acting. Pekerjaan yg hny tersedia bagi mereka adalah pekerjaan buruh. Tp ada satu pekerjaan yg pada akhirnya akan mengubah nasibnya di masa depan, Dia menerima menjadi stuntman.

Hide photo
Jackie menjadi stuntman di film bruce lee yg berjudul Fist of Fury.


6. FILM PERTAMA SAAT REMAJA
Dia mendapat peran dalam film Little Tiger of Canton. Bisa dikatakan, ini adalah film pertama Jackie saat dia mulai beranjak dewasa.

Hide photo
(film Little Tiger of Canton mendapat International DVD dan dirilis tgl 25 June 2007. tapi, dgn format judul yg berbeda, yaitu “Cub Tiger From Kwang Tung”)
masih jelek bgt si Jackie


7. NAMA BARU (LAGI) “JACKIE”
Beberapa tahun saat film hongkong mulai jatuh, Jackie mau tidak mau pergi ke tempat orang tuanya tinggal di Australia dan bekerja di restoran dan pembangunan. Disinilah nama “Jackie” didapatnya. Seorang pekerja kesulitan menyebut nama (asli) Jackie, “kong-sang”, dan malah lebih suka memanggilnya dgn panggilan “Little Jack”. Dan akhirnya nama Jackie melekat padanya.

Hide photo


8. KEMBALI MENITI KARIR AKTOR
Pekerjaan di Australia sangat membosankan dan membuat Jackie tidak bahagia. Hingga tahun 1976 Jackie menerima telegram tawaran bermain film dari seseorang bernama Willie Chan, seorang pencari bakat yg pd akhirnya menjadi manager Jackie.

Di telegram itu, Jackie ditawari memainkan film berjudul “New Fist of Fury”. Saat itu, Jackie berumur 21 tahun.

Hide photo
Willie Chan (kiri)


9. ALASAN KENAPA FILM JACKIE DISUGUHI KOMEDI
Awal karirnya sama sekali tidak sukses, sehingga dia mempunyai ide utk membawa suasana komedi di dlm film kung fu. Dan benar, sukses filmnya berawal di film “Snake in eagle shadow”

Hide photo


10. JURUS MABUK-MENJADI ICON
film yg membuat namanya terkenal berjudul “drunken master”. Karena film ini juga, gaya bertarung yg dikenal dgn “jurus mabuk” menjadi sangat terkenal dan menjadi Icon utk Jackie.

Hide photo


11. SELAMAT TINGGAL KONSEP BERTARUNG LAMA
Jika Bruce lee mempunyai konsep bertarung dimana pernah menjadi sesuatu yg baru pd jamannya. Jackie juga sama. bisa kita anggap, Jackie melakukan langkah baru stlh langkah Bruce lee dlm industri film.

dia mempunyai pemikiran yg benar2 berpengaruh pd industri perfilman dibidang laga khususnya.

konsep adegan bertarung dulu, saat di hadang oleh byk org. saat jagoan diserang, kbykan para penghadang lainnya hny bergerak tidak jelas utk menunggu giliran menyerang. Tp Jackie, dgn memanfaatkan kamera dan semacam kode suara, dia membuat kesan bertarung benar2 lebih baik.

(Di Indonesia, konsepnya masih ngambil konsep dulu).

Namun, kecepatan, ketepatan, kerja sama, ketelitian membuat konsep bertarung ini begitu rumit. (tp kalo yg ahlinya kyk Jackie sih, ga ada masalah….)
Tp tipe bertarung Jackie dlm hampir setiap film, terkadang bersifat komedi.

Show video


12. NASIB YG SAMA SEPERTI BRUCE LEE SAAT BERKARIR DI AMERIKA
Seperti halnya Bruce lee yg pernah bermain film di luar namun tidak sukses lalu kembali ke China dan lebih focus berkarir di China, Film, Jackie juga mengalami hal serupa. Tahun 1980, The Big Brawl adalah film pertama Jackie utk mencoba meraba perfilman dunia. Tp dalam film ini serta beberapa film lainnya seperti cannonball Run, Jackie sama sekali tidak diperbolehkan ikut campur dlm urusan acting dan koreo. (masih dipandang newbie kali)

Ketidaksuksesannya di film luar, membuat Jackie frustasi dan kembali mencari kesuksesan di Negara sendiri dan menjadi terkenal.

Hide photo


13. DITANTANG SAAT PROMOSI FILM
seperti Bruce lee juga yg pernah ditantang "figuran",

insiden ini pernah terjadi, saat promosi tour Jackie di Amerika utk film "The Big Brawl". jackie pernah di tantang utk berduel. walaupun Jackie selalu berusaha menghindar, tp tidak bisa dielakkan.

tidak ada gambar, krn semua diceritakan langsung dari Jackie.

14. FAMILY
Tahun 1982, Jackie menikahi wanita yg juga seorang aktris di Taiwan. Dia bernama Lin Feng-Jiao (aka Joan Lin). Dan mempunyai 1 anak, Jaycee Chan (aka Jo-Ming) yg juga menjadi seorang artis Cina.

Hide photo
anaknya, Jaycee Chan


15. SEMAKIN TERKENAL DGN FILM MODERN
kontrak di Golden Harvest, Film “Police Story (1984)”. Adalah film yg membuat Jackie menjadi benar2 melunjak. Krn sbg seorang actor yg pernah menjadi stuntman, Jackie yg selalu memerankan adegan berbahayanya sendiri, membuat film yg hampir tiap adegan di film ini bersifat “Gila” menjadi film terbaik.

16. AKTOR IYA, MUSISI JUGA!
Selain seorang actor, dia juga seorang musisi. Sudah merilis 20 albums semenjak tahun 1984

Show photo


17. COBA LAGI KE AMERIKA
Mencoba kembali ke perfilman Amerika, the Protector (1985) kembali gagal. Hingga butuh sekitar 10 tahun, hingga akhirnya film Rumble in the Bronx berhasil sukses mengangkat nama Jackie di sana.

18. ORANG TUA
pria yg dikenal sbg "Mr. Nice Guy" ini, setelah ditinggal mati oleh ibunya (lee-lee chan) tahun 2002, tanggal 26 Februari 2008, ayahnya (Charlie Chan) menutup usianya di umur ke 93 krn kanker.

Hide photo


19. JACKIE & BRUCE LEE
stlh kemunculan film "forbidden kingdom" yg menampilkan Jackie dgn Jet li, dmn para fans merasa "dreams come true", krn akhirnya 2 aktor laga ini bertemu dan bertarung (tp agak ngecewain sih)tlh sekian lama berharap2 ada film yg mempertemukan mrk berdua.

namun bagaimana dgn jackie dan Bruce lee?

dgn berbagai penelitian, asumsi dan hal2 lain yg didapat. Jackie dianggap memenangkan posisi juara. bkn dlm bertarung, tp dlm dunia keartisan.

(ya iyalah, konsep lama di ketemuin ma konsep baru, hasilnya udah keliatan)

jackie pernah berkomentar,

"bruce lee adalah manusia tercepat. saat dia memukul berkali2, lalu kau berkedip, maka kau telah kehilangan beberapa byk pukulannya"

20. STUNTMASTER
selama karirnya sebagai aktor tanpa peran pengganti, Jackie telah sering menghadapi kecelakaan fatal hingga film2 yg diproduksi hrs berhenti utk menunggu kesembuhannya.

parahnya, sudah ada beberapa diantaranya yg mendekati kematian, tp Jackie masih selamat.....

salah satunya, dlm film "A NICE GUY", JAckie hampir menemui ajalnya. lihat gambarnya aja deh...!!

Hide photo


Show video




================================================== =======


"I DON'T USE SPECIAL EFFECT, I AM SPECIAL EFFECT....."



~Jackie Chan~


================================================== =